TUGAS
PERKEMBANGAN
FISIK ANAK USIA DINI
“Laporan Kegiatan Motorik Halus Anak Melalui
Kolase”

Nama : Hasanah Zaili
Nim/BP : 1300716/2013
No Absen : 17
Dosen pembimbing : Indra Yeni, S.Pd, M.Pd.
PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK
USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2015
“Laporan Kegiatan Motorik Halus
Anak Melalui Kolase”
Tema :Binatang
Sub
tema : Binatang air
1.
Alat
dan bahan yang dibutuhkan
a. Lem
b. Hasil
parutan pensil
c. Pola/sketsa
gambar binatang (ikan)
d. Crayon
untuk mewarnai
2. Tujuan kegiatan
a. Menstimulasi
perkembangan motorik halus (jari-jemarinya) dan koordinasi mata dan tangan anak
melalui kegiatan menempel ini
b. Melatih
kreatifitas anak dalam mencampurkan warna pada pola
c. Mengenalkan
anak dengan binatang (ikan)
d. Mengajarkan
anak untuk menghargai karyanya sendiri dan karya orang lain
e. Mengenalkan
warna pada anak (warna dari ketas warna yang dia gunakan untuk menempel)
3.
Langkah-langkah
yang dilakukan dalam kegiatan ini
a. Guru
menyediakan pola/sketsa gambar ikan dan membagikannya ke masing-masing anak
b. Guru
juga menyediakan hasil parutan pensil agar anak bisa menempelkan hasil parutan
pensil tersebut ke pola gambar ikan.
c. Guru
memberi satu lem ke masing-masing anak
d. Setelah
itu guru menginstruksikan kepada anak untuk menempelkan hasil parutan pensil ke
pola/sketsa gambar ikan yang sudah disediakan. Dalam hal ini guru menggunakan
metode pemberian tugas
e. Anak
di beri kebebasan untuk menempelka hasil parutan pensil ke pola yang sudah disediakan menurut
kreativitasnya masing-masing.
Cara menjelaskan langkah-langkah
tersebut pada anak adalah dengan metode bernyanyi. Langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut:
a. Guru
mengkondisikan tempat duduk anak, anak duduk melingkar
b. Guru
menyediakan alat dan bahan yang digunakan sebelum melakukan kegiatan
c. Memulai
kegiatan dengan berdoa terlebih dahulu
d. Bercakap-cakap
dengan anak tentang gambar ikan
e. Setelah
itu memulai kegiatan dengan menggunakan metode pemberian tugas
f. Anak
langsung mengerjakan tugasnya dengan menempelkan hasil parutan pensil ke pola
yang sudah disediakan.
g. Guru
menghidupkan music yang berhubungan dengan tema
h. Anak
antusias mengerjakan tugas
i.
Setelah selesai hasil karya anak di
tempelkan di kertas lembar kerja anak
4.
Aspek
yang dinilai
a. Kerapian
Kerapian ini dilihat
dari hasil karya anak, yaitu bagaimana letak/posisi kertas yang di tempelkan
anak. Dalam kerapian ini, kebersihan anak di kertas hvs/pola gambar ikan juga dinilai. Terkadang ada anak hasil
karyanya kurang bersih dan kurang rapi.
b. Seni
dan kreatifitas anak
Seni akan warna-warni
anak juga dinilai, seperti dalam pola ikan, anak yang tinggi akan seni di
fikiran, maka di pola tersebut, anak akan menempelkan hasil parutan pensil
dengan warna yang berbeda.
c. Ketepatan
Aspek
yang dinilai yang pertama dinilai adalah bagaimana ketepatan anak dalam menempelkan
hasil parutan pensil ke pola. Terkadang ada anak yang menempelkan kertas warna
sampai diluar pola yang sudah disediakan.
d. Kesabaran
Aspek
selanjutnya adalah kesabaran anak. Ini dilihat ketika anak menempel hasil
parutan pensil ke pola yang sudah disediakan. Anak yang tidak sabar dalam
menempel ini, maka hasil karya nya kurang bagus.
e. Antusias
Aspek
yang dinilai selanjutnya adalah bagaimana antusias anak dalam melakukan
kegiatan. Ini bisa dilihat dari ekpsresi wajah anak, semangat anak, fokus anak
dan lain sebagainya.
5.
Aspek
yang dikembangkan
a. Aspek
fisik motorik (motorik halus)
Dalam kegiatan menempel
ini dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak seperti koordinasi mata
dan jari-jemari anak ketika menempelkan hasil parutan pensil ke pola yang sudah disediakan
b. Aspek
nilai agama dan moral
Mengenalkan binatang
air dan mengajarkan kepada anak untuk bersyukur terhadap rezeki yang di berikan
Allah SWT
c. Aspek
kognitif
Aspek kognitif anak
akan terstimulasi ketika guru mengenalkan konsep warna kepada anak melalui
hasil puritan pensil yang warna-warni serta crayon yang sudah disediakan.
Melalui kegiatan ini kita bisa mengetahui bentuk kreativitas hasil karya anak
yang sudah dikerjakannya.
d. Aspek
bahasa
Aspek bahasa berkembang
ketika guru dan anak bercakap-cakap mengenai binatang ikan..
e. Sosial
emosional
Aspek sosial emosional
anak berkembang ketika anak belajar untuk bersabar dalam mengerjakan tugas
yaitu bersabar ketika anak menempelkan hasil parutan pensil ke pola yang sudah
disediaka.
6.
Lampiran hasil kolase anak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar