Selasa, 22 Desember 2015

LAPORAN KEGIATAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KOLASE



TUGAS
PERKEMBANGAN FISIK ANAK USIA DINI
 “Laporan Kegiatan Motorik Halus Anak Melalui Kolase”
UNP


Nama                                : Hasanah Zaili
Nim/BP                             : 1300716/2013
No Absen                         : 17
Dosen pembimbing         : Indra Yeni, S.Pd, M.Pd.




PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2015

“Laporan Kegiatan Motorik Halus Anak Melalui Kolase”

Tema               :Binatang
Sub tema         : Binatang air
1.      Alat dan bahan yang dibutuhkan
a.       Lem
b.      Hasil parutan pensil
c.       Pola/sketsa gambar binatang (ikan)
d.      Crayon untuk mewarnai
2.      Tujuan kegiatan
a.       Menstimulasi perkembangan motorik halus (jari-jemarinya) dan koordinasi mata dan tangan anak melalui kegiatan menempel ini
b.      Melatih kreatifitas anak dalam mencampurkan warna pada pola
c.       Mengenalkan anak dengan binatang (ikan)
d.      Mengajarkan anak untuk menghargai karyanya sendiri dan karya orang lain
e.       Mengenalkan warna pada anak (warna dari ketas warna yang dia gunakan untuk menempel)
3.      Langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan ini
a.       Guru menyediakan pola/sketsa gambar ikan dan membagikannya ke masing-masing anak
b.      Guru juga menyediakan hasil parutan pensil agar anak bisa menempelkan hasil parutan pensil tersebut ke pola gambar ikan.
c.       Guru memberi satu lem ke masing-masing anak
d.      Setelah itu guru menginstruksikan kepada anak untuk menempelkan hasil parutan pensil ke pola/sketsa gambar ikan yang sudah disediakan. Dalam hal ini guru menggunakan metode pemberian tugas
e.       Anak di beri kebebasan untuk menempelka hasil parutan pensil  ke pola yang sudah disediakan menurut kreativitasnya masing-masing.
Cara menjelaskan langkah-langkah tersebut pada anak adalah dengan metode bernyanyi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a.       Guru mengkondisikan tempat duduk anak, anak duduk melingkar
b.      Guru menyediakan alat dan bahan yang digunakan sebelum melakukan kegiatan
c.       Memulai kegiatan dengan berdoa terlebih dahulu
d.      Bercakap-cakap dengan anak tentang gambar ikan
e.       Setelah itu memulai kegiatan dengan menggunakan metode pemberian tugas
f.       Anak langsung mengerjakan tugasnya dengan menempelkan hasil parutan pensil ke pola yang sudah disediakan.
g.      Guru menghidupkan music yang berhubungan dengan tema
h.      Anak antusias mengerjakan tugas
i.        Setelah selesai hasil karya anak di tempelkan di kertas lembar kerja anak
4.      Aspek yang dinilai
a.       Kerapian
Kerapian ini dilihat dari hasil karya anak, yaitu bagaimana letak/posisi kertas yang di tempelkan anak. Dalam kerapian ini, kebersihan anak di kertas hvs/pola gambar ikan  juga dinilai. Terkadang ada anak hasil karyanya kurang bersih dan kurang rapi.
b.      Seni dan kreatifitas anak
Seni akan warna-warni anak juga dinilai, seperti dalam pola ikan, anak yang tinggi akan seni di fikiran, maka di pola tersebut, anak akan menempelkan hasil parutan pensil dengan warna  yang berbeda.
c.       Ketepatan
Aspek yang dinilai yang pertama dinilai adalah bagaimana ketepatan anak dalam menempelkan hasil parutan pensil ke pola. Terkadang ada anak yang menempelkan kertas warna sampai diluar pola yang sudah disediakan.
d.      Kesabaran
Aspek selanjutnya adalah kesabaran anak. Ini dilihat ketika anak menempel hasil parutan pensil ke pola yang sudah disediakan. Anak yang tidak sabar dalam menempel ini, maka hasil karya nya kurang bagus.
e.       Antusias
Aspek yang dinilai selanjutnya adalah bagaimana antusias anak dalam melakukan kegiatan. Ini bisa dilihat dari ekpsresi wajah anak, semangat anak, fokus anak dan lain sebagainya.
5.      Aspek yang dikembangkan
a.       Aspek fisik motorik (motorik halus)
Dalam kegiatan menempel ini dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak seperti koordinasi mata dan jari-jemari anak ketika menempelkan hasil parutan pensil  ke pola yang sudah disediakan
b.      Aspek nilai agama dan moral
Mengenalkan binatang air dan mengajarkan kepada anak untuk bersyukur terhadap rezeki yang di berikan Allah SWT
c.       Aspek kognitif
Aspek kognitif anak akan terstimulasi ketika guru mengenalkan konsep warna kepada anak melalui hasil puritan pensil yang warna-warni serta crayon yang sudah disediakan. Melalui kegiatan ini kita bisa mengetahui bentuk kreativitas hasil karya anak yang sudah dikerjakannya.
d.      Aspek bahasa
Aspek bahasa berkembang ketika guru dan anak bercakap-cakap mengenai binatang ikan..
e.       Sosial emosional
Aspek sosial emosional anak berkembang ketika anak belajar untuk bersabar dalam mengerjakan tugas yaitu bersabar ketika anak menempelkan hasil parutan pensil ke pola yang sudah disediaka.
6. Lampiran hasil kolase anak











Tidak ada komentar:

Posting Komentar